Welcome

Teknik Membangun Website Terindek Cepat Di Mesin Pencari

Berhasil menemukan backlink, tetapi ternyata situs Anda masih sulit untuk diindeks? Bahkan jika Anda menghabiskan banyak waktu dan energi. Apa yang sebenarnya Google tidak indeks atau secara perlahan mengindeks backlink Anda? Ada banyak alasan dan faktor mengapa tautan ke situs tidak diindeks oleh Google.

Berita bagus, Anda bisa memperbaiki semuanya. Anda bahkan dapat mempelajari trik untuk membuat indeks situs Anda lebih cepat. Sebelum kita melangkah jauh, kita tentu perlu mengetahui hal-hal mendasar. Jika Anda masih tidak yakin apakah tautan Anda diindeks oleh Google atau tidak, coba yang berikut ini:

  • Pergi ke Google.com
  • Rekatkan salah satu tautan yang ingin Anda periksa ke dalam kolom pencarian Google dan tekan Enter.
  • Jika URL tidak muncul di hasil pencarian, itu berarti bahwa tautan Anda tidak diindeks oleh Google saat itu.

Penyebab indeks situs sulit

Setelah mengecek, tentunya Anda bertanya-tanya apa yang membuat blog saya tidak cepat terindeks? Yah, tentu saja, ada banyak alasan untuk pertanyaan ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa situs Anda tidak diindeks atau diindeks dengan sangat lambat:

  1. Tautan balik Anda tidak dapat diindeks

Google tidak akan mengindeks backlink di bawah standar yang tidak bernilai bagi pembaca. Terutama jika situs Anda sering diindikasikan sebagai tautan spam atau dibangun di atas platform spam. Tentu saja, langsung menerima nilai merah dari Google.

  1. Konten Anda kurang berat dan plagiarisme

Dulu atau sekarang, Google membenci plagiarisme dan konten berkualitas. Salah satu faktornya adalah bahwa sebagian besar konten yang Anda buat bisa terlalu tipis. Sangat disarankan agar Anda membuat artikel yang berisi sekitar 800+ kata. Menurut sebuah studi oleh SerpIQ, fakta menunjukkan bahwa artikel dengan lebih dari 2000 kata memiliki kinerja yang lebih baik di halaman hasil pencarian. Anda bisa juga memperdalam ilmu SEO dengan cara Kursus SEO terbaik.

  1. Menggunakan tag tanpa indeks

Jika Anda merasa bahwa situs web Anda tidak pernah menjadi spam, dan konten Anda cukup baik, domainnya sudah cukup tua, dan tampaknya semuanya dapat dengan cepat diindeks, tetapi tidak? Tanpa sadar, Anda telah menetapkan tag tanpa indeks atau telah melarang pencarian situs di pengaturan situs Anda.

Cara mendapatkan indeks cepat di mesin pencari

  1. Tunggu dan bersabarlah

Arti frasa “tunggu dan bersabar” di sini berarti bahwa pengindeksan situs Anda harus dilakukan secara alami. Google sesekali akan mengindeks tautan ke situs Anda, jika memungkinkan. Waktu pengindeksan alami Google dapat berlangsung dari 1 hari sampai 1 minggu. Jika Google mempercayai situs Anda sebagai penyedia konten berkualitas, pengindeksan situs Google Anda akan lebih cepat seiring berjalannya waktu. Jika situs Anda baru, Anda perlu mempraktekkan pengindeksan saat membuat konten berkualitas. Kuncinya adalah kualitas.

  1. Masukkan ke Webmaster Google

Alat Webmaster Google adalah alat yang harus dimiliki untuk blogger. Langkah pertama adalah membuat sitemap situs untuk situs Anda. Setelah selesai membuat sitemap situs, kirim tautan ke sitemap situs ke Alat Webmaster Google. Sangat sederhana, bukan?

  1. Ping URL

Jika Anda mengikuti langkah 1 dan 2 tetapi situs Anda tidak diindeks, coba ping situs Anda secara teratur. Intinya, proses verifikasi ini untuk memberi tahu Google atau mengirim pemberitahuan bahwa pembaruan sudah tersedia di situs web Anda, dan Google perlu mengirim perayap untuk merayapi pembaruan terbaru dari situs web Anda.

Ada cukup alat untuk melakukan ping ke situs-situs di Internet. Beberapa yang populer termasuk, Pingomatic.com, Pingfarm.com, Pingler, dan Pingdom.com. Perlu diingat, jangan ping terlalu sering. Lakukan ini dari waktu ke waktu secara bergantian di situs.

  1. Berbagi sosial

Berbagi sosial adalah cara termudah untuk mengindeks situs Anda dengan cepat. Bagikan konten Anda di jejaring sosial, buat tanda tangan menarik yang mendorong orang untuk membuka artikel Anda. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan tautan dari tautan sosial ini. Manfaat yang Anda dapatkan tidak hanya tingkat indeks yang baik, tetapi juga tingkat kepercayaan merek Anda.

  1. Manfaatkan PBN

PBN atau Private Blog Network adalah kumpulan blog yang telah dibuat secara khusus oleh orang atau komunitas tertentu untuk tujuan jaringan blog. PBN sendiri adalah salah satu strategi yang sering digunakan para master SEO untuk mengindeks situs mereka dengan cepat. Jika Anda ingin menggunakan strategi ini, pertama-tama lakukan riset untuk memastikan bahwa PBN yang digunakan berkualitas tinggi dan dilakukan dengan praktik yang benar.

  1. Layanan backlink otomatis

Jika backlink Anda masih belum diindeks dan setelah beberappa periode waktu, Anda dapat mencoba alat layanan backlink otomatis untuk secara teratur dan masif mengindeks backlink Anda. Layanan yang disediakan oleh penyedia backlink otomatis ini meliputi:

  • Tautan Anda akan dikirim ke banyak blog terkemuka.
  • Beberapa penyedia backlink juga mengklaim menyediakan tautan social (tautan Web 2.0).
  • Permalink permanen

Karena layanan ini instan dan otomatis, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Lakukan riset untuk memastikan layanan Anda menggunakan metode yang aman.

  1. Dengan Web 2.0

Jika Anda menggunakan layanan backlink otomatis, Anda tidak perlu melakukan langkah ini. Tetapi jika tidak, membuat jaringan web 2.0 akan membuat tingkat pengindeksan situs Anda di Google jauh lebih cepat. Beberapa web 2.0 yang dapat Anda gunakan untuk membangun jaringan Anda meliputi blogger, WordPress, Wix, dan Weebly.

Buatlah artikel tentang 800-1500 kata pada masing-masing jaringan 2.0 ini. Posting backlink ke maksimal 8-11 tautan di masing-masing posting ini. Salah satu alasan kami merekomendasikan artikel ini dari 800-1500 kata adalah bahwa Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin tautan. Jika artikel Anda hanya berisi 300 kata dan Anda memasukkan 10 backlink, Google akan melihat tautan dan artikel Anda sebagai spam. Perlu diingat bahwa artikel untuk Web 2.0 juga harus bebas dari plagiarisme.